Kamis, 14 Januari 2016

Bore UP Honda Blade 150cc bertenaga 20dk! Motor korek harian rasa balap Motoprix(sumber google)

Honda memang tenar dengan irit konsumsi bahan bakarnya, pula tenaga standar nya yang 8dk dirasa masih kurang mengantarkan mr.S mengarungi samudra aspal saat kerja maupun turing 😆 Lemot katanya … hehehe lah kok ga beli honda sonic sklian yang udah lumayan untuk dimodifikasi. Seperti yang pernah dilakukan rifky saat tune up sonic menjadi 18dk dan diliput otoplus :):)
image
Setelah sharing dan memantapkan konsep … maka dana langsung dibayar tunai oleh Mr.S berharap motornya ga lemot lagi. Segera kita belah total mesinnya. Diperkuat dari kruk as yang di stroke up dan re balancing oleh pak Bejo 😄 minumnya pasti bukan yang punya orang pintar itu hihihi… Langkah 58 ditentukan supaya nanti tidak kesulitan dalam mencari rantai keteng maupun paking blok.
Ide rifky kemudian menaikkan isi perut silinder, tak tanggung – piston Honda sonic dibenamkan , tapi ini piston sonic 125 lama itu lho.. biar sama-sama pin 13mm dan kepala piston bisa dibikin dome nantinya.
image
image
Cylinder head pun dikonfigurasi ulang, katup diubah menggunakan katup milik honda sonic, ukuran 28mm di bagian hisap dan 24mm pada katup buang. Kemudian dengan lincah, rifky yang pacarnya banyak ini mengayunkan bor tuner foredom mengolah porting. Diameter intake luar dibuat 25mm, kemudian membesar 28mm di bowl area. Sedangkan pada porting exhaust dibuat rata seukuran klep exhaust.
Camshaft dimodifikasi ulang , hingga ketemu durasi 260 derajat pada intake , dan 263 derajat mengatur gas buang. Lsa dipilih pada kisaran 102, supaya ada perasaan jambakan setan… hehehe. Dipadukan pir klep swedia yang mampu mengembalikan lift 8,5mm dengan tenang, jadi mesin aman digeber sampai limiter dan topspeed.
image
image
Karburator dicangkok dari honda nsr150sp , type keihin venturi 28mm . Dipadu jetting 48 dan main 122 membuat asupan bahan bakar tak pernah telat melayani putaran mesin. GASSS!!! Bukannya tanpa kendala. Apalagi setelah knalpot ditata ulang oleh cak sahek dan tenaga jadi lepas, kopling selip selip terus. Mesin teriak tapi jalan di tempat.
Solusinya perangkat kopling set , diganti dari honda karisma. Mulai dari rumah kopling, kampas, plat, pir kopling, semua deh pokoknya. Oya agar saat di dial angka cam tidak gampang berubah, karena sistem stut kamrat honda menggunakan penekan oli, maka saat mesin diam seolah olah kamrat kendor pake banget. Solusinya rol kamrat yang ad dintengah blok itu diganti milik honda s-90 dan pir penekan tensioner dibuatkan dari bahan yang lebih kaku. Demikian kerja mekanikal mesin menjadi lebih stabil.
image
image
Bersyukur semua berbuah manis, menjadi ilmu yang manfaat dan pelanggan puas. Sehingga seisi bengkel ditraktir makan .. Joss!! Berbarengan juga hari itu dengan liputan dari potobalap.com untuk mengulas blade ini, dan ternyata mas swega Rat juga sedang liputan, tapi bukan oleh majalah otomotif melainkan oleh majalah dakwah.. hehehe ada-ada saja. Hari yang menyenangkan untuk dikenang…
image
Tetap Sehat!! Tetap Semangat!! Supaya bisa Modifikasi mesin Tiap Hari!
Bengkel Tuning bersahabat ^_^
RAT MOTORSPORT INDONESIA
RAYA BYPASS JUANDA NO 17
SIDOARJO – JAWA TIMUR
085645577007
bbm pin : 264aca8d / 5afc92ee
fb : RAT MOTORSPORT INDONESIA
insta : ratmotorsby

Tidak ada komentar:

Posting Komentar