Kamis, 28 Januari 2016

Pasang Ground Strap Buat Api Busi Lebih Stabil #1

SRIPOKU.COM - Sobat para pecinta kecepatan, pasti tak asing dengan kabel busi yang dilengkapi ground strap. Ground strap umumnya berbentuk lilitan kabel di luar kabel busi yang berfungsi menangkap frekuensi liar. Adanya ground strap, arus listrik ke busi jadi lebih fokus dan otomatis menciptakan api stabil dan maksimal.
Masalahnya, harga kabel busi yang dilengkapi ground strap seperti produk Nology dan Protec bisa menguras kantong. Tak usah bingung, bisa bikin sendiri. Siapkan kabel antena TV sepanjang 1 meter. Siapkan juga soket kuningan untuk menghubungkan kabel ke rangka.
Selanjutnya, kupas karet pelindung kabel antena TV. Ambil kabel serabut berwarna silver yang melilit bagian luar kabel tembaga. Kabel ini akan dibuat sebagai ground strap. Lalu, lilitkan kabel tembaga tersebut di luar kabel busi. Jangan lupa, ujung kabel pasangkan soket atau konektor buat nempel kabel ke rangka.
Terbukti Api Yang Disemburkan Lebih Stabil
Sekarang waktunya buat lanjutkan tulisan membuat api busi lebih stabil dengan memasang ground strap. Koil dites menggunakan alat milik Ultraspeed Racing. Pengetesan dilakukan dengan kondisi kabel koil standar, dan dalam kondisi dililit dengan ground strap buatan seperti yang diulas di edisi lalu.
Alat pengetesan yang digunakan, bukan mengeluarkan hasil berupa angka. Tapi, percikan api oleh busi yang dikomando koil. Makanya, untuk perbedaannya sobat bisa lihat langsung di foto.
Pengetesan pertama pakai koil yang tidak dililit ground strap. Api yang dipercikan busi, terlihat berwarna kemerahan. Selain itu, api yang keluar juga terlihat besar kecil alias tak stabil. Ini, bikin tambah penasaran dengan api busi yang ditampilkan kabel koil yang dililit ground strap.
Puas memperhatikan percikan api yang keluar dari koil standar, pengetasan dilanjutkan dengan koil yang sama namun dililit ground strap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar