Kamis, 04 Februari 2016

Bikin Sendiri Kapasitor Bank Buat Motor

Buat Sendiri Kapasitor Bank Motor  | Sekarang lagi marak para biker yang memasangkan kapasitor bank pada kelistrikan motor mereka. Kapasitor bank berfungsi untuk menyimpan tegangan dan mengecilkan ripple tegangan DC.
skema kapasitor bank
Entah bagaimana ceritanya, sejak di motor ada kapasitor banknya. Pasalnya, tegangan yang dikeluarkan dari aki motor sudah sudah merupakan tegangan DC murni tanpa ripple. Pada dasarnya kapasitor pada motor dan kapasitor bank pada mobil adalah sama. Yang membedakan adalah nilai faradnya saja.
Fungsi kapasitor bank pada motor atau mobil.
  • Penstabil tegangan aki dan kelistrikan motor
  • Membuat awet aki
  • Kendaraan cenderung untuk hemat BBM
  • Komponen kelistrikan lebih bekerja maksimal
Kapasitor bank pada motor ini sudah terpasang pada motor tiger 2000. Motornya adik keponakan. Dia minta dibikinkan kapasitor bank lantaran memakai lampu H4 pada lampu utama motor dan memasang klason keong pada motor. Mungkin lantaran itu, dia butuh kapasitor bank untuk mengurangi drop tegangan pada aki pada saat kesemua komponen elektronik itu nyala secara bebarengan.
Cara buat kapasitor bank pada motor itu mudah dan simple. Harga komponen elektronik untuk membuatnya pun cukup murah. Tergangtung spesifikasi kapasitor bank yang akan dibuat. Komponen utama pada kapasitor bank adalah eclo bipolar atau disebut kapasitor.
Kapasitor bank yang ideal untuk motor atau mobil itu sekitar 70.000 µF sampai 0,5 F dengan volt 50 V dengan maksimal suhu 105 0C.
Cara membuat kapasitor bank tersebut ada banyak caranya, kapasitor bank bisa dibuat secara pararel dengan menggunakan beberapa elco atau kapsitor dengan nilai tertentu sampai nilai yang diinginkan. berikut ini contoh beberapa rangkaiannya:
elco pararel
Perlu diperhatikan dalam merakit elco kapasitor tersebut adalah kutub positif dan kutub negatif elco jangan sampai terbalik. Bila ada polaritas elco kapasitor yang terbalik maka kemungkinan elco tersebut bisa meledak dan membuat aki rusak.
Selain itu, ada juga elco kapasitor yang tidak harus dirakit secara pararel. Jadi beli elco kapasitor yang bernilai farad besar. Komponen ini bisa dibeli di toko komponen AC dan kulkas. Contohnya beli 1 farad.
Saran saya, bila membeli kapasitor harap hati-hati. Banyak beredar komponen elektronik yang palsu. Banyak juga komponen elco kapasitor yang palsu. Perlu diketahui, semakin besar nilai farad kapasitornya, maka elco kapasitor akan semakin berat. Pilih juga kapasitor yang bermerek baik. Contohnya merek “rubicon”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar