kruk-as menjadi kuncian jika motor ingin naik CC…pemilihan kruk-as
yang berat+ punya langkah panjang menjadi andalan untuk mengail torsi di
rpm bawah dan menengah….mesin tidak perlu meraung di rpm tinggi mesin
sudah melaju kencang….
untuk itu kruk-as bisa digeser posisi big-endnya…sayangnya gak semua
bengkel bubut bisa mengerjakan pekerjaan ini…mesin bergetar, tak ada
tenaga, suara berisik adalah keluhan2 setelah melakukan
stroke-up…padahal sudah di balance ulang….
inilah contoh hasil stroke-up yang bagus buat turing…dengan bobot
yang berat…maka tidak akan berpengaruh banyak ketika daun di bor sebagai
fungsi untuk membalancing kruk-as….jika racikan primer-sekunder dan
gigi rasio tepat…mesin model2 begini enteng untuk mengail 140kpj…maklum
dengan memakai piston tiger over-size 0 (std)…cc motor sudah 220….gak
heran banyak CB dan GL menjadi raja jalanan diusianya yang sudah tua
so kalo mau naik cc dengan part asli jepang…pake aja kruk-as std
motor trus di stroke-up….jangan lupa stang-piston diganti dengan yang
baru…biar gak oblak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar